Sosialisasi Pelatihan In House Training Pengoperasian GPS

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka berkembang pula alat-alat canggih yang dapat membantu kita dalam mengerti perkembangan tersebut. Sebagai penduduk suatu negara, kita harus dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di negara kita maupun di negara lain. Sehingga kita tidak akan ketinggalan oleh negara lain.  Salah satu alat yang dapat kita sebut canggih adalah GPS, yaitu Global dan apa manfaat GPS bagi kehidupan kita.(http://rahmat5.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-gps-beserta-tujuan-dan-fungsi.html).

Sebuah GPS bekerja seperti ponsel, namun jika ponsel menerima sinyal radio dari perusahaan telepon, GPS menerima sinyal dari satelit yang mengelilingi bumi. Dengan menerima sinyal tersebut dari satelit, sebuah GPS dapat memperhitungkan dengan tepat posisi Anda di permukaan bumi. GPS merekam lokasi ini dalam bentuk koordinat, dimana terdapat dua buah nomor yang panjang. Satu nomor menunjukan sejauh mana posisi Anda dari Timur atau Barat - biasa disebut garis bujur. Nomor yang kedua menunjukan sejauh mana posisi Anda dari Utara atau Selatan - biasa disebut garis lintang. Setiap tempat di bumi memliki koordinat geografis yang unik (docs.inasafe.org/id/training/old-training/.../104-using-gps.html).

GPS sebagai suatu sistem terdiri dari tiga segmen utama, yakni space segmen, control segmen, dan user segmen. Space segmen merupakan subsistem yang berada di angkasa, terdiri dari 24 satelit (21 aktif dan 3 cadangan) yang mengorbit pada ketinggian 20.200 km dari permukaan bumi. Dua puluh empat satelit tersebut mengorbit dalam enam bidang orbit, masing-masing bidang orbit memuat empat satelit. Dengan kontelasi satelit seperti tersebut, sembaran tempat di muka bumi akan dapat mengamati sekurang-kurangnya empat satelit pada setiap saat. Control segmen merupakan otak dari GPS. Sistem satelit GPS dikendalikan dari Falcon Air Base di Colorado Spring, ColoradoUSA. Segmen ini juga dilengkapi dengan empat stasiun monitoring dan empat stasiun distribusi. Masing-masing satelit akan melewati satsiun monitoring dua kali sehari. User atau pengguna adalah semua pengguna yang memanfaatkan sinyal satelit GPS untuk navigasi dan penentuan posisi dengan menggunakan receiver GPS dan perangkat lunaknya.(http://viqarchu.blogspot.co.id/2012/04/dasar-dasar-global-positioning-system.html).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik mengadakan Kegiatan Pelatihan In House Training Pengoperasian GPS, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia / Aparatur BPBD Kab. Banjar memiliki kemampuan dan keterampilan khusus  dalam menggunakan GPS dengan baik.

Adapun tujuan kegiatan Sosialisasi Pelatihan In House Training Pengoperasian GPS ini difokuskan untuk beberapa aspek spesifik yaitu :
1. Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia/apartaur BPBD    Kab. Banjar Khususnya dalam pengoperasian GPS
2. Peserta mampu mengoperasikan alat survey GPS
3. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi akurasi GPS
4. Memahami track dan waypoint
5. Copy data GPS (tracks dan waypoints)ke dalam komputer
6. Peserta mampu melakukan pengolahan data survey.

  

Waktu pelaksanaan Sosialisasi Pelatihan In House Training Pengoperasian GPS Kabupaten Banjar dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 12 April 2017 di ruangan PUSDALOPS BPBD Kab.Banjar (pemberian materi) dan Praktek Lapangan (gunung tahura mandiangin).

Peserta pelaksanaan Sosialisasi Pelatihan In House Training Pengoperasian GPS Kabupaten Banjar berjumlah 25(dua puluh lima) peserta yang terdiri dari pegawai BPBD Kab.Banjar.