Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2018


Bertempat di Aula Barakat Sekretariat Kab. Banjar Rabu 28 Nopember 2018 diadakan Acara Rapat Koordinasi Antisipasi, Mitigasi Dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung Dan Gelombang Pasang Kabupaten Banjar Tahun 2018. Peserta terdiri dari Instansi/SKPD terkait lingkup Pemkab Banjar, TRC BPBD Kabupaten Banjar, instansi vertikal di daerah, sektor swasta dan instansi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta organisasi relawan kebencanaan di Kabupaten Banjar.

Acara tersebut dibuka oleh Sekda Kabupaten Banjar dan beliau berpesan dalam sambutannya semua pihak bersama-sama bergandeng tangan menghadapi bencana ini, dan semua peralatan yang ada di BPBD Kabupaten Banjar agar dicek supaya siap dan dipastikan seluruh fasilitas kebencanaan siap dioperasionalkan.

Para Narasumber yang memberikan paparan maupun arahan tentang kebijakan dan teknis terkait penanggulangan bencana Banjir pada Rakor. Narasumber dari BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Banjarbaru diwakili oleh Miftahul Munir yang memberikan paparan tentang prakiraan musim hujan sebagian daerah di Kabupaten Banjar sudah masuk musim hujan pada dasarian II bulan Oktober2018 sedangkan rata-ratanya pada akhir bulan oktober. paling cepat musim hujan di Kabupaten Banjar paling utara sedangkan yang lainnya pada bulan oktober III dan yang bagian barat pada bulan Nopember. Awal musim hujan 2018/2019 dimulai pada akhir september di bagian utara Kabupaten Banjar, hujan cenderung lebih sedikit dari normalnya, waspada petir, hujan deras tiba-tiba (banjir bandang dan longsor), angin kencang dan puting beliung.

Narasumber selanjutnya adalah Dandim 1006 Martapura Letkol M. Goffar N, S.Sos yang memaparkan materi tentang peran serta TNI dalam Penanggulangan Alam, selama terjadi bencana alam TNI menyiapkan daerah POSKO, Pasca Bencana, melakukan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, melaksanakan administrasi dan Kodal ujarnya.

Narasumber dari Polres Banjar diwakili oleh Wakapolres Banjar yang dalam paparannya beliau menjelasakan bahwa tugas pokok polres banjar beserta jajaran besinergi dengan instansi terkait, melaksanakan pengamanan, evakuasi dan mengantisipasi banjar.

Narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Banjar memberikan materi tentang perlindungan dan jaminan sosial korban bencana alam.