Waspada Ancaman Musim Hujan

Musim hujan tahun ini sudah terjadi sejak awal bulan Oktober bahkan beberapa wilayah di Kabupaten Banjar mengalami hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Diperkirakan musim hujan masih akan berlangsung hingga April 2021, adapun puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada bulan November 2020 mendatang .

Untuk itu BPBD menghimbau agar warga Kabupaten Banjar waspada terhadap ancaman bencana yang terjadi, seperti bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

Menyikapi potensi bahaya hidrometeorologi, Kepala BNPB Doni Monardo menghimbau masyarakat untuk waspada dan siap siaga. Ia mengingatkan warga yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor untuk lebih berhati-hati. Salah satu pemicu yang patut diwaspadai apabila terjadi curah hujan lebat dengan durasi lama.

Ia juga meminta warga untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang atau patah batangnya sehingga jangan berada di bawah pohon.

“Serta waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh tertimpa pohon,” tambahnya.

Di saat hujan lebat yang disertai angin kencang, warga harus waspada apabila memilih tempat untuk berlindung. Hindari pohon atau pun papan baliho yang setiap saat dapat berpotensi roboh.