Tiga Kecamatan Alami Angin Kencang, Sebanyak 13 Rumah Warga di Kabupaten Banjar Rusak

Angin kencang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banjar, pada Selasa (28/10). Sejumlah wilayah terdampak angin kencang ini di Desa Tatah Layap, Desa Pemangkih Baru dan Desa Tampang Awang yang berada di Kecamatan Tatah Makmur, Desa Salat Makmur di Kecamatan Beruntung Baru, Desa Jingah Habang Ilir di Kecamatan Karang Intan.

BPBD Kabupaten Banjar melakukan upaya penanganan darurat pascakejadian. Bantuan berupa logistik tengah dipersiapkan bagi para warga yang terdampak. Pihaknya berkoordinasi dengan aparat pemerintah di tingkat kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan di lokasi kejadian.

Analisa InaRISK juga menunjukan Kabupaten Banjar memiliki potensi risiko cuaca ektrim dengan kategori sedang hingga tinggi. Oleh karena itu, BNPB mengimbau kepada pemangku kepentingan didaerah setempat dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya yang disebabkan faktor cuaca.

Ketika angin kencang berlangsung, segera amankan diri menuju ke bangunan yang kokoh. Diimbau untuk tidak berada di bawah pohon atau pun papan reklame ketika angin kencang terjadi. Perhatikan juga apabila berteduh di bawah bangunan yang terbuka, hindari potensi terkena material lain di sekitar, seperti lembaran seng yang dapat tertiup angin.