Selalu Bersiaga, Tim Gabungan Padamkan Karhutla

Setelah tiga hari mereda lantaran beberapa wilayah di Kabupaten Banjar di guyur hujan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan Jalan Gubernur Syarkawi Kecamatan Gambut, Jumat (20/10/2023) siang. 

Mendapatkan laporan terjadinya Karhutla, Regu 2 dan 3 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar langsung menuju lokasi. BPBD Banjar bersama tim gabungan lainnya seperti RAPI dan BPK Kula lakukan penanganan terhadap kobaran api yang membakar vegetasi semak belukar dan pepohonan. 


Tidak ada kendala yang dihadapi oleh tim gabungan. Kobaran api bisa dipadamkan oleh tim setelah 20 menit melakukan penanganan, dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 25 m2. 

Sebelumnya Kepala BPBD Kabupaten Banjar Warsita menyebut luasan lahan yang terbakar sudah mencapai 770 hektare lebih. 


“ ada beberapa kecamatan yang dominan terjadi karhutla, Kecamatan Karang Intan, Martapura, Martapura Barat, Cintapuri Darussalam dan Sungai Tabuk,” rinci Warsita.


Meski demikian lanjutnya berbagai upaya pemadaman dilakukan baik melalui darat maupun udara bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Kalsel dan BNPB