BPBD Kab. Banjar Membentuk Desa Tanguh Bencana di Desa Mungu Raya Kecamatan Astambul

Pelaksanaan pembentukan Desa Tangguh Bencana dimulai pada tanggal 29 Mai 2024 s.d. 10 Juni 2024 dengan diawali dengan 9 pertemuan teknis di kelas dilanjutkan gladi kotor dan gladi bersih dan ditutup dengan simulasi/gladi lapang diikuti pengukuhan Desa Munggu Raya sebagai Desa Tangguh Bencana oleh BPBD Kabupaten Banjar.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini merupakan rangkaian kegiatan dari program DESTANA (Desa Tanggap Bencana) yang bertujuan untuk melatih masyarakat Desa Munggu Raya agar lebih terampil dalam menghadapi bencana yang datangnya tidak bisa diprediksikan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dibawah bimbingan BPBD Kabupaten Banjar.

Kegiatan latihan, simulasi evakuasi mandiri bencana banjir, dengan tema keluarga tangguh bencana, pilar bangsa menghadapi bencana dengan pesan utama, siap untuk selamat. Harapan dengan latihan simulasi evakuasi mandiri bencana banjir, para personil penanggulangan bencana, menjadi lebih tanggap, dan siap siaga dalam menghadapi situasi penanggulangan bencana terutama relawan Destana Desa Munggu Raya Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

Tujuan dari pembentukan Destana Munggu Raya adalah untuk menjadi Desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.