Wujud Kesiapsiagaan menghadapi Bencana, BPBD Kab. Banjar Gelar Apel Siaga Karhutla

Martapura, Rabu 31 Juli 2024 – Sebagai wujud kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Banjar mealui BPBD melaksanakan Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta Simulasi Penanggulangan Karhutla bertempat di Halaman BPBD Kab. Banjar. Bertindak sebagai Inspektur apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla Bupati Banjar diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Apel gabungan ini diikuti oleh berbagai pihak terkait penanganan karhutla diantaranya TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, PMI, EBR, Dinkes, Damkar, Tagana, BPK Swasta, RAPI, serta para relawan.

Selain melaksanakan Apel siaga Pemerintah Kab. Banjar juga menetapkan status Siaga Darurat Karhutla, Status Siaga ini sudah dimulai sejak 25 Juli hingga 31 Oktober 2024.

Setelah menetapkan status siaga BPBD Banjar akan mendirikan posko siaga Karhutla yang ditempatkan dibeberapa titik yang rawan terjadi kebakaran Hutan dan Lahan diantaranya Tahura,Sungai Tabuk, Cintapuri Darussalam, dan Posko Induk yang bertempat di kantor BPBD Kab. Banjar.

Apel ini juga dilakukan untuk mengukur dan mengecek kondisi potensi peralatan yang dimiliki serta potensi kemampuan dan keterampilan petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan. Selain itu juga merupakan edukasi pembelajaran pada masyarakat sekitar wilayah hutan dalam hal pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.