Angin Puting Beliung Rusak 26 Rumah Warga di Kabupaten Banjar

Sebanyak 26 rumah warga Kabupaten Banjar mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda. Kerusakan rumah diakibatkan angin puting beliung yang menerjang wilayah itu pada Kamis (3/12) sekitar pukul 14.20 Wita. Kondisi pascakejadian sudah kondusif.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar melaporkan bahwa wilayah terdampak berada di Desa Sungai Bangkal Kec. Sungai Tabuk, Desa Keliling Benteng Tengah Rt. 003 Kec. Martapura Barat, Desa Penggalaman Rt. 001 Kec. Martapura Barat Kab. Banjar. Jumlah rumah rusak mencapai 26 unit dengan rincian tingkat kerusakan sebagai berikut:

Desa Sungai Bangkal Kec. Sungai Tabuk Kab. Banjar
▪️ Terdampak 19 Buah Rumah (22 KK, 79 Jiwa)
▪️ Kondisi Rumah Rusak Berat (RB) : 5 Buah Rumah,Rusak Sedang (RS) : 4 Buah Rumah, Rusak Ringan (RR) :14
Buah Rumah
▪️ Tidak ada korban jiwa

Desa Keliling Benteng Tengah Rt. 003 Kec. Martapura Barat Kab. Banjar
▪️ Terdampak 1 Buah Rumah (1 KK, 3 Jiwa)
▪️ Kondisi Rumah 1 Buah Rusak Sedang (RS)
▪️ Tidak ada korban jiwa

Desa Penggalaman Rt. 001 Kec. Martapura Barat Kab. Banjar
▪️ Terdampak 6 Buah Rumah (6 KK, 18 Jiwa)
▪️ Kondisi rumah Rusak Berat (RB) : 1 Buah Rumah, Rusak Sedang (RS) : 5 Buah Rumah
▪️ Tidak ada korban jiwa

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau kembali lokasi kejadian Bencana Puting beliung tersebut. Kunjungan Tim BPBD ini sekaligus memberikan bantuan logistik kepada korban, bantuan diberikan langsung oleh Bapak Yanrinaldo selaku Kepala Seksi Logistik bersama 5 personil BPBD lainnya.

BPBD Kabupaten Banjar berharap agar bantuan logistik yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban korban.

Menyikapi dampak fenomena cuaca esktrem tersebut, masyarakat di Kabupaten Banjar dihimbau untuk tetap waspada dan siaga. Potensi cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai yakni curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang.