APEL SIAGA HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA NASIONAL TAHUN 2018

Dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2018 BPBD Kabupaten Banjar melakukan Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Simulasi Karhutla, 26 Mei 2018 Acara diadakan di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Banjar.  Instansi dan satuan yang turut berpartisipasi dalam apel tersebut diantaranya TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Perwakilan Satpam Perusahaan, Manggala Agni Daops Banjar, Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjar, Tim Reaksi Cepat BPBD dan beberapa relawan BPBD yang berasal dari lapisan masyarakat.

Apel dipimpin oleh Kapten Infanteri Fathul Mubin dan Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang pada kesempatan itu selaku Pembina Apel, secara langsung berjalan berkeliling lapangan untuk melakukan pengecekan personel dari masing-masing instansi.

Setelah apel selesai, acara dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran oleh unit – unit yang sudah ditugaskan. Simulasi berawal dengan adanya titik kebakaran di sekitar kantor BPBD. Unit Damkar segera datang dan menanggulangi kebakaran tersebut, namun api sudah terlanjur meluas hingga kantor BPBD sehingga Tim Reaksi Cepat diturunkan untuk menyelamatkan personil yang masih terjebak di dalam gedung. Setelah berhasil dievakuasi keluar gedung, personil yang terjebak segera mendapat tindakan medis dari dinas kesehatan dan PMI. Seluruh titik api pun sudah dapat ditanggulangi.

Sekretaris Daerah Kab. Banjar, Nasrun Syah yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Banjar juga akan berkoordinasi dengan perusahaan – perusahaan dalam upaya penanggulangan bencana terutama kebakaran hutan.